Al Lajnah Ad Daimah lil Buhuts wal Ifta (Komisi Tetap Bidang Penelitian Agama dan Fatwa) Saudi Arabia pernah ditanya:
هل يجوز أكل اللحم الذي يذبح لمولد النبي صلى الله عليه وسلم وغيره من الموالد ؟
Apakah boleh memakan daging yang disembelih dalam rangka perayaan maulid Nabi Shallallaahu’alaihi wa Sallam atau untuk acara peringatan kelahiran lainnya selain beliau?
Jawab:
Apa yang disembelih untuk tujuan maulid Nabi atau wali dalam rangka pengagungan kepadanya, maka itu merupakan bentuk sembelihan untuk selain Allah, dan hal tersebut adalah kesyirikan. Maka tidak boleh memakan sembelihannya.
Nabi Shallallaahu’alaihi wa Sallam telah bersabda,
لعن الله من ذبح لغير الله
“Allah melaknat orang yang menyembelih untuk selain Allah.”
Wa billaahittaufiq. Wa Shallallaahu’alaihi ‘alaa Nabiyyina Muhammad wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa Sallama.
(Fatwa Lajnah Daimah. Ketua: ‘Abdul Aziiz bin ‘Abdullah bin Baaz. Wakil ketua: Abdurrazzaq ‘Afifi Anggota: ‘Abdullah bin Ghudayan)
Lebih jauh, Syaikh Ibnu Baaz -rahimahullaahu- pernah ditanya dengan pertanyaan sebagai berikut:
ما حكم الذبائح التي تكون في المولد ؟
“Apa hukum sembelihan yang disembelih pada acara maulid?”
Beliau -rahimahullaahu- menjawab,
إن كان ذبحها لصاحب المولد فهذا شرك أكبر ، أما إن كان ذبحها للأكل فلا شيء في ذلك ، لكن ينبغي ألا يؤكل منها، وأن لا يحضر المسلم إنكارا عليهم بالقول والفعل ؛ إلا أن يحضر لنصيحتهم بدون أن يشاركهم في أكل أو غيره. انتهى .
“Apabila sembelihan tersebut disembelih untuk empunya maulid tersebut maka ini adalah syirik akbar. Adapun jika disembelih untuk dimakan semata, hukumnya boleh-boleh saja. Namun sepatutnya seorang muslim tidak memakan sembelihan tersebut, juga tidak menghadiri acara tersebut sebagai bentuk pengingkaran terhadap pelakunya dalam bentuk ucapan maupun perbuatan. Kecuali jika ia menghadirinya untuk menasihati, tanpa makan bersama dengan mereka ataupun selainnya. ” (Majmu’ Fataawaa Syaikh Ibnu Baz, 9/74)
Wallaahu a’lam.
***
Sumber:
Penerjemah: Ummu Qonita Ika Kartika
Muroja’ah: Ustadz Ammi Nur Baits
Artikel Muslimah.Or.Id


Sumber: https://muslimah.or.id/8064-hukum-makan-sembelihan-untuk-acara-maulid-nabi.html
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: