Pertanyaan:
Wanita Muslimah : Seorang penanya dari Prancis bertanya: “Apakah do’a shalat istikharah dilakukan di akhir shalat, ataukah setelahnya?”

Jawab:
Syaikh Muhammad bin Abdillah al Imam -semoga Allah menjaga beliau – menjawab:
Para ulama berbeda pendapat tentang waktu berdoa ketika  shalat istikharah. Sebagian mereka berpendapat berdo’a dilakukan setelah shalat, dan sebagian lagi berpendapat diucapkan sebelum salam.
Dan saya sendiri berpandangan, waktu yang lebih utama untuk berdo’a saat shalat istikharah adalah ketika orang itu tengah bersujud (dalam shalat istikharah, -pent.). Rasulullah shallallaahu’alaihi wa sallam bersabda, “Keadaan yang paling dekat
antara seorang hamba dengan Rabbnya adalah ketika ia bersujud. Maka berdo’alah kalian kepadaNya. Kemungkinan besar do’a kalian akan terkabul.” Maksudnya, do’a itu lebih berpeluang dikabulkan, ketika ia berdo’a dalam keadaan sujud. Karena sujud adalah kondisi paling dekat seorang hamba dengan rahmat Allah, dan ampunanNya, serta pengabulan do’a baginya oleh Allah Azza wa Jalla.
Oleh karena itu kondisi sujud merupakan saat paling tepat  untuk memanjatkan do’a, dan merendahkan diri dalam memohon kepada Allah ‘Azza wa Jalla.  Kemudian terdapat pula waktu-waktu lainnya sebelum shalat, atau  sebelum selesainya shalat istikharah, atau setelahnya. Seluruh waktu tersebut boleh digunakan untuk berdo’a. Akan tetapi, saya berpendapat bahwasanya waktu sujud adalah waktu yang lebih tepat untuk memanjatkan doa bagi orang yang melaksanakan shalat istikharah.
Wallahu a’lam.
***
muslimah.or.id
Sumber: http://www.sh-emam.com/show_fatawa.php?id=696 
diterjemahkan oleh Tim Penerjemah Muslimah.Or.Id
“ Baca Selengkapnya tentang KAOS DAKWAH islami yang sedang trend “

“ Baca Selengkapnya BAJU SYAR’I muslimah islami sedang trend ini “
Jihan Nur Shadrina

Jihan Nur Shadrina

Blog ini di buat, copas dari beberapa sumber website muslim. Sekaligus saya belajar dan membaca dari hasil copas artikel, agar saya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diri saya, keluarga dan lingkungan di sekitar, Semoga saya di jadikan WANITA MUSLIMAH yang bermanfaat. Aamiin.

Post A Comment:

0 comments: