Wanita Muslimah : Tentang menghias bacaan Al Qur’an, Nabi –shollallohu alahi wasallam– telah menganjurkan hal itu, yakni dlm sabda beliau: “Hiasilah Alqur’an dengan suara-suara kalian, karena suara yang indah akan menambah keindahan Al Qur’an” (Lihat Silsihah Shohihah: 771).

Tapi perlu digaris-bawahi di sini, bahwa menghias bacaan Al Qur’an adalah dengan suara yang indah, disertai dengan irama yang ALAMI dan mengalir. Bukan dengan suara dan nada yang dibuat-buat dan dipaksakan, sehingga malah memudarkan indahnya Kalamullah dan merendahkan kedudukannya, wallohul mustaan.
Perlu diingat pula, bahwa tujuan menghias bacaan Al Qur’an adalah agar pembaca dan pendengarnya bisa lebih menikmati dan menghayati bacaan tersebut dengan lebih khusyu’. Sehingga apabila bacaannya malah menjauhkan pembaca dan pendengar dari tujuan ini, tentu ini kesalahan yang harusnya dijauhi dan ditinggalkan.

“ Baca Selengkapnya BAJU SYAR’I muslimah islami sedang trend ini “
Imam Ibnu Katsir –rohimahulloh-, seorang pakar tafsir abad 8 H dan ulama besar madzhab Syafi’i, sejak dahulu sudah mengingatkan hal ini, beliau mengatakan:
“Yang diinginkan oleh syariat adalah mengindahkan suara bacaan, yang dapat membawa seseorang untuk merenungi dan menghayati Alqur’an, menjadikannya khusyu’, tunduk, dan semangat dalam ketaatan.
Adapun suara bacaan dengan nada-nada baru yang disusun dari ritme yang melalaikan dan aturan musik, maka Alqur’an harusnya disucikan dari hal ini. Al Qur’an yang agung dan mulia, tidak pantas dilantunkan dengan cara seperti ini. Dan telah datang Sunnah Nabi yang memperingatkan manusia dari hal itu”. (Fadho’il Qur’an, Ibnu Katsir, hal: 98).
Ingatlah bahwa Al Qur’an adalah firman Allah, dan Allah telah berjanji untuk menjaganya. Sehingga Al Qur’an pasti akan tetap terjaga, baik kemurnian maupun kemuliaannya. Barangsiapa merendahkannya, tentu Allah tidak akan membiarkannya.
Karena itu, harusnya kita TAKUT kepada Allah dalam memperlakukan Al Qur’an ini. Jika kaum muslimin tidak mampu memberi hukuman, maka Allah Maha Berkuasa atas segala sesuatu. wallohu a’lam.
Penulis: Ust. Musyafa Ad Darini, Lc., MA.
Artikel Muslimah.or.id
“ Baca Selengkapnya tentang KAOS DAKWAH islami yang sedang trend “
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: