Apa dhabit (kaidah dan batasan) dari syirik asghar (syirik kecil) itu, sehingga dengan mengetahui dhabit tersebut kita bisa mengenalnya?

Fatwa Syaikh Shalih bin Abdillah Al ‘Ushaimi

Soal:
Bagaimana dhabit (kaidah dan batasan) dari syirik asghar (syirik kecil) itu, sehingga dengan mengetahui dhabit tersebut kita bisa mengenalnya?
Jawab:
Syirik asghar adalah seseorang menempatkan sesuatu yang merupakan hak Allah kepada selain-Nya, namun tidak sampai menghilangkan ashlul iman (kadar iman yang minimal) dari dirinya.
Dan kaidah untuk mengetahuinya adalah sebagai berikut, perbuatan tersebut sesuai dengan sifat perbuatan syirik yang disebutkan dalam dalil-dalil dan disepakati para ulama bahwa perbuatan tersebut tidak mengeluarkan pelakunya dari Islam. Contohnya seperti sabda Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam:
الطيرة شرك
thiyarah (menganggap sial) itu syirik”
Maka, dengan kaidah tersebut, bisa dikenali mana saja yang termasuk syirik asghar. Yaitu seseorang menempatkan sesuatu yang merupakan hak Allah kepada selain-Nya, namun tidak sampai menghilangkan ashlul iman.

Jihan Nur Shadrina

Jihan Nur Shadrina

Blog ini di buat, copas dari beberapa sumber website muslim. Sekaligus saya belajar dan membaca dari hasil copas artikel, agar saya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diri saya, keluarga dan lingkungan di sekitar, Semoga saya di jadikan WANITA MUSLIMAH yang bermanfaat. Aamiin.

Post A Comment:

0 comments: